Apakah jadi anak IT harus Kuliah?

Cerita ini dipersembahkan untuk kalian berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Arby Azra
5 min readJun 24, 2020
image from unsplash.com

Disclaimer

Cerita ini ditulis dari saya yang juga mengenyam pendidikan Kuliah S1 Teknik Informatika dan intinya saya agak menyesal telah mengambilnya, Kenapa? Berikut alasanya.

Sebelum terjebak di dunia perkuliahan, saya sekolah di sebuah SMK di Kab. Tegal, beruntung banget bisa kepikiran buat masuk jurusan RPL, kenapa?, karena waktu itu, orang masih skeptis terhadap jurusan berbau teknologi, apalagi saya sekolah di tempat yang terkenal dengan jurusan akuntansi, administrasi, yaaa pokoknya berbau bisnis-bisnis gitu.

Yang lebih mendorong saya untuk berpikir masuk RPL adalah karena saya dulu waktu smp suka bikin artikel di blogspot, ubah-ubah warna sesederhana merah jadi biru yang berupa kode.

Dengan nilai yang ga jelek-jelek amat alias 7.5 (rata-rata), saya bisa masuk jurusan itu, di mana temen-temen saya yang lain milih akuntansi sebagai jurusan pertama, saya justru milih jurusan RPL yang malah jadi cadangan terakhir mayoritas pendaftar SMK tersebut, banyak yang merasa aneh dengan sikap saya.

Coba cari passion dulu

image from unsplash

Waktu demi waktu saya lalui dengan melihat butir butir kode yang gajelas (dalem hati saya kenapa si ada orang yang suka ngoding), to be honest saya kelas 1 itu malah suka belajar tentang Desain Grafis (soalnya saya lebih suka bermain visualisasi dan enjoy akan hal itu).

Akhirnya ada suatu waktu yang bikin saya suka ke “coding”, yaitu adalah saya pengin nge-visualisasikan konsep desain yang ada di otak saya ke “ Kode kode” Gajelas tadi, mulai dari bikin web yang cuma putih item ga jelas, sampai akhrinya saya dimasukin nominasi buat ngewakilin sekolah di lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) di subjek Web Design tingkat kabupaten, semacam OSN kalo di SMA,dan surprisingly, saya lolos jadi juara 1 dan bawa Kab. Tegal ke tingkat provinsi.

3 bulan setelah lomba itu the time has came, saya dibawa ke Semarang buat ikutan lomba itu, dan nahas saya kalah dengan peringkat ke 20, yap, tentu ada cerita kenapa saya malu-maluin Kab. Tegal. Sebelum lomba, saya dikasih bahan buat latihan, but yaa, namanya anak muda yang masih labil, saya dengan sombongnya ngremehin materi-materi di dalam bahan laihan tersebut, ditambah dengan adanya beberapa orang yang bilang bahwa salah satu materinya itu mudah as “tinggal serat-seret”, dan yaudah, saya belajar 1 modul doang yang saya anggap sulit.

Dari kekalahan tadi, saya mulai banyak interospeksi dan lebih banyak belajar lagi dari website berbahasa indonesia.

Komunitas itu penting!

an image from unsplash

Beranjak ke kelas 3, saya baru sadar bahwa dunia programming itu sangat luas dan terus expanding (udah kayak universe kita ini), di situ saya merasa “buat apa saya ngoding sampe sini, toh ternyata saya gak ada apa-apanya”, dari pemikiran itu, saya udah mulai balik ke bad-habit saya yaitu nge-game. Gak ada yang salah sih dengan kegiatan itu, tapi bener-bener waktu itu saya terlalu banyak sia-sia’in waktu tanpa belajar hal baru.

Beruntung di saat itu, hadirlah mas Edi Kurniawan, beliau seorang Expert di bidang teknologi. Awal mula saya dapet hidayah untuk berkoding ria adalah saat beliau mengisi sebuah seminar gratis tentang Android Development di Sekolah saya. Dari situ saya dapet insight baru dengan ngikutin seminar-seminar dia yang diadakan di Tegal. Lama kelamaan saya mulai berubah haluan menjadi Junior Mobile Developer.

Lalu disusul dengan Dicoding sebagai malaikat penolong untuk ngebantu saya belajar lebih expert di Mobile Development, apalagi dengan dapetnya kelas gratis.

Dari situ saya mulai banyak banget belajar hal baru dan udah mulai fokus di bidang itu sampai sekarang. Sebenernya banyak platform belajar selain Dicoding, salah satunya Sekolah Koding (versi youtube), yang bikin adalah mas Hilman, saya dapet fondasi kuat di Sekolah Koding untuk melanglang buana belajar beberapa Bahasa Pemrograman.

Rajinlah evaluasi diri sendiri

an image from unsplash

Hampir 1 tahun ini saya telah berkecimpung di dunia Profesional seraya ngejalanin rutinitas sebagai mahasiswa “gagal”, yang artinya saya sudah menjadikan profesi yang menghasilkan uang dari lukisan kode yang saya buat.

Mulai dari ngerjain projek yang sesimpel “mengubah warna, logo, translate bahasa suatu aplikasi”, sampai akhirnya bisa ambil projek dari situs terkemuka Upwork, selain itu, saya juga ambil side-project dari KodingWorks — dibuat oleh mas Ariaseta (di sana ada Designer,Bussinessman,Software Engineer dan lain-lain).

Dari kedua tempat di atas, saya sangat-sangat banyak dapet hal baru, tentang fundamentals yang saya lewatin.

Dan balik lagi mengenai “Perkuliahan”, untuk sampai saat ini (semester 2), saya masih belum menemukan signifikansi tentang jurusan Teknik Informatika yang saya ambil. Tapi beberapa projek yang saya garap, ada tangan dan ide yang disumbangkan dari temen yang saya dapet dari Kuliah.

Konklusi

Dari semua tulisan di atas, apakah kalian baca bahwa saya dapet hal signifikan tentang programming dari Pendidikan Konvensional? (Kalo baca sih harusnya nggak),

“Kalo gitu, mending kamu keluar aja dari kuliah kamu daripada bebanin orang tua!”,

the complete answer is the all things are’nt bad.

Ilmu dari Pendidikan Konvensional emang saya ga signifikan dapetnya, justru yang signifikan adalah dari “stakeholders”-nya.

Kalo saya gak iseng-iseng bikin web item putih, mana mungkin saya bisa ngewakilin Kab. Tegal ke provinsi lewat Sekolah.

Kalo saya gak hadir dalam seminar pertama yang saya ikutin di Sekolah, mana mungkin saya bisa tau Upwork dan Mobile Development.

Kalo saya gak kuliah, saya mungkin akan kebingungan dan jadi buntu tentang hal apa yang akan saya garap.

So,

Kalo kamu cuman mau ambil bootcamp / kelas koding, ambil juga komunitasnya.

Kalo kamu ga ada uang lebih buat kuliah, dan milih kerja, it is good, tapi buat kamu yang belum bisa kerja jadi Programmer atau yang kamu penginin, cobalah niatin dan selalu bangun fondasi awal dengan belajar fundamentals-nya dulu.

I think thats all enough, komen kalo mau diskusi,kritik,saran atau sekadar membenahi grammar inggris saya yang masih di tahap belajar.
Dan terimakasih banget buat orang-orang di atas yang saya sebutin dan ngasih saya banyak insight,ilmu baru, dan hal hal hebat lainya.

Semoga bermanfaat~

--

--

Arby Azra

Gue suka hal yang ribet, bukan berarti bisa nyelesain dengan cepet, tapi gue cinta proses dibelakang hal itu — Flutter Engineer